belajar web 1

April 2, 2009 at 4:03 am Tinggalkan komentar

semester ini saya baru belajar cara membuat web, mungkin bagi
yang udah biasa dengan web tidak akan pusing lagi untuk membuat
web tidak memrlukan tutorial ini. saya ingin membagi pengetahuan
saya yang standart ini kepada teman-teman yang juga baru mau
belajar buat web. awalnya kita akan belajar membuat web dengan
aplikasi sederhana yaitu "notepad" serta dalam bentuk HTML.
untuk membuat suatu web dengan html, perlu mendefinikan tag awal
dan akhirnya. contoh :

tag awal : <html>
tag akhir : </html>

kita akan mencoba buat web sederhana, caranya :
– buat file baru dengan notepad
– tulislah script berikut :

<html>

</html>

– di antara tag <html> dan </html> , anda dapat menuliskan kalimat
apa saja, misalnya " ini web awal saya. mari belajar bersama. "

– scriptnya adalah :
<html>
ini web awal saya.
mari belajar bersama
</html>

-selanjutnya kita save file tersebut: klik menu file–>save as
pada bagian "save as type pilih all file" dan pada bagian
"file name ketikan nama filenya diikuti dengan .html"
misal nama filenya "web.html"

-kemudian carilah file yang disimpan tadi dan bukalah dengan
menggunakan mozilla atau IE( internet explorer)

– hasilnya adalah :

ini web awal saya.mari belajar bersama

1. mengenal perintah enter atau <br>

nah dari hasil di atas,antara satu kalimat "ini web saya " dan
"mari belajar bersama" ternyata ditampilkan bersambung" padahal
kita menuliskan dalam dua baris. Hal ini terjadi karena dalam
pembuatan web, tidak mengenal "enter", sehingga bila kita
ingin membuat baris kedua dengan menggunakan enter, maka perlu
ditambahkan "<br>, shg scriptnya menjadi :

<html>
ini web awal saya.<br>
mari belajar bersama
</html>

setelah di save dan dipanggil di mozilla atau internet explorer,
hasilnya :

ini web awal saya.
mari belajar bersama

2. mengenal garis atau <hr>

kemudian kita akan mencoba untuk membuat garis, dengan "<hr>"
contoh :

<html>
ini web saya.<br><hr>
mari belajar bersama
</html>

hasilnya :

ini web awal saya.
__________________________________
mari belajar bersama

untuk pembelajaran awal cukup sam pai di sini dulu, yang penting kita
sudah dapat membuat web dengan html,:
– mengenal perintah <br> untuk enter
– perintah <hr> untuk membuat garis

Entry filed under: web. Tags: .

Promosi Blogmu di depan public belajar web 2

Tinggalkan Balasan

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


tulisan terakhir

my kalender

April 2009
S S R K J S M
« Mar   Mei »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

